seoandre’s diary

belajar bersama seoandre

Penyebab Terlambat Datang Bulan dan Cara Mengatasinya Dengan Benar

f:id:seoandre:20160415034722j:plain

 

Secara umum penyebab terlambat datang bulan antara wanita satu dan yang lain tidak selalu sama. Artinya ada beberapa kemungkinan mengapa seorang wanita terlambat haid atau menstruasi. Namun demikian biasanya wanita mengambil kesimpulan terlalu dini terhadap hal ini dengan menganggapnya sebagai tanda kehamilan, pasalnya telat haid atau menstruasi ini sangat identik dengan gejala wanita yang sedang hamil. Memang telat haid adalah salah satu tanda kehamilan, namun biasanya tanda-tanda kehamilan akan muncul dengan gejala-gejala lainnya, seperti mual dan muntah, kepala pusing, badan cepat lelah, dan lain sebagainya. Jadi jika hanya terlambat datang bulan saja tanpa ada gejala lainnya, maka itu bukan suatu tanda hamil dan bisa dikarenakan hal lainnya.

Apa Penyebab Terlambat Datang Bulan pada Wanita?

Menstruasi terjadi karena peluruhan dinding bagian dalam pada rahim. Ovarium secara teratur menghasilkan sel telur, yang jika tidak dibuahi akan memberikan sinyal pada rahim untuk meluruhkan dinding dalamnya. Jika ovarium terlambat menghasilkan sel telur maka terlambat pula sinyal yang dikirim ke rahim.

Secara normal rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi setiap 28 hari, dengan jarak berkisar antara 21 hari hingga 35 hari. Tanggal terjadinya menstruasi tidak selalu sama tiap bulannya dengan pergeseran beberapa beberapa hari pada tiap-tiap bulannya kecuali jika memang siklus menstruasinya kebetulan berkisar sekitar 30-31 hari. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya telat datang bulan, berikut selengkapnya.

  1. Masalah Psikis

Hal pertama yang kemungkinan besar bisa mengakibatkan seorang wanita terlambat datang bulan adalah karena faktor psikis. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya stres, diantaranya tekanan lingkungan kerja, kelelahan, urusan rumah tangga, dan lain sebagainya. Stres akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dihasilkan tubuh, yang menyebabkan terlambatnya ovulasi, pelepasan sel telur oleh ovarium.

  1. Faktor Usia

Faktor penyebab terlambat datang bulan berikutnya bisa berupa faktor usia. Pada usia remaja tubuh mengalami banyak perubahan hormon, tubuh yang sedang menyesuaikan dengan hormon kewanitaan kadang akan menyebabkan telat datang bulan. Demikian juga pada usia 45-55 tahun atau awal menopause, tubuh kembali mengalami masa transisi yang juga akan menyebabkan haid kurang teratur. Setelah benar-benar mengalami menopause, wanita sama sekali tidak akan mengalami haid lagi karena ovarium sudah tidak menghasilkan sel telur.

  1. Faktor PCO

Faktor PCO atau polycystic ovary adalah ketika tubuh wanita menghasilkan lebih banyak hormon pria Androgen-Testosteron daripada hormon wanita Estrogen dan Progesteron. Ini akan menyebabkan ovarium tidak mampu memproduksi sel telur yang sempurna, sehingga pelepasannya bukanlah ovulasi. Jika tidak terjadi ovulasi, maka tidak terjadi haid. Fakto PCO ini bisa menyebabkan tidak haid dalam waktu lama, bisa berbulan-bulan. Kabar buruknya adalah jika tidak terjadi ovulasi maka juga akan sulit mengalami kehamilan.

  1. Faktor berat badan

Faktor berikutnya adalah berat badan. Berat badan yang tidak ideal, baik itu dibawah atau diatas berat badan ideal akan menyebabkan terlambat haid. Perubahan berat badan yang mendadak juga bisa menjadi penyebabnya. Berat tubuh dibawah ideal akan menyebabkan fungsi organ tubuh tidak maksimal, termasuk juga pada organ kewanitaan. Sedangkan jika berat badan terlalu ekstrim dibawah berat ideal, maka tidak akan terjadi ovulasi sama sekali. Hal ini mungkin karena tubuh memutuskan bahwa sedang tidak berada dalam kondisi ideal untuk memiliki keturunan. Kelebihan berat badan akan mengakibatkan telat datang bulan, salah satunya karena faktor PCO. Kelebihan berat badan akan menyebabkan tubuh mengalami peningkatan kadar insulin, yang akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon-hormon lainnya. Namun perlu diketahui juga, kelebihan berat badan bukan satu-satunya penyebab terjadinya PCO, ada berbagai hal lainnya yang bisa menyebabkan PCO.

  1. Faktor Kelainan

Yang kami maksudkan di sini adalah kelainan anatomi dan non anatomi. Untuk faktor kelainan anatomi misalnya seperti penyakit kista ovarium, myoma uteri, dan juga kanker bisa membuat siklus haid terlambat atau tertunda. Sedangkan untuk faktor non anatomi bisa berupa gangguan hormonal seperti yang tadi sudah kami jelaskan. Faktor non anatomi lain yang bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan adalah penggunaan alat kontrasepsi yang mengakibatkan pembekuan darah.

Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan dengan Metode Alami

Lima penyebab terlambat datang bulan tadi tentunya tidak bisa disamakan antara satu wanita dengan wanita lain. Pasalnya setiap kasus telat haid pada wanita pasti punya alasan tersendiri. Terlambat datang bulan kadang akan menjadi masalah tersendiri bagi seorang wanita, seperti membuat bingung apakah ini merupakan suatu tanda kehamilan, mengganggu jadwal acara yang sudah direncanakan, dan lain sebagainya. Untungnya ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk malancarkan siklus datang bulan.

Cara mengatasi terlambat datang bulan dengan menggunakan OBAT TELAT BULAN yang ampuh, dengan menggunakan obat tersebut saya yakin dengan cepat darah menstruasi akan cepat keluar.

Jika Anda mengalami siklus datang bulan yang datang terlambat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Jangan berpikir terlalu jauh sebelum Anda tahu fakta-faktanya. Ketahui apa yang belakangan ini sedang Anda alami, dan carilah pokok permasalahan mengapa Anda bisa sampai telat haid. Hal pertama yang mungkin perlu Anda cek adalah apakah sedang berada dalam kondisi stres, tertekan atau sekedar banyak pikiran?

Seperti halnya di atas dengan menggunakan OBAT PELANCAR HAID cytotec misoprostol. Obat tersebut sering digunakan di negara maju luar sana, dengan bukti-bukti yang sudah ada saya rekomendasikan dengan obat tersebut.

Jika memang penyebab terlambat datang bulan yang Anda alami adalah karena stres atau terlalu penat beraktivitas, cobalah untuk mengembalikan kondisi mental dan fisik Anda. Mungkin bisa dengan cara beristirahat sambil mendengarkan musik, melakukan hobi yang membuat Anda bahagia, berlibur, dan sebagainya. Namun apabila dalam waktu yang cukup lama haid masih belum normal juga, lebih baik Anda periksakan diri ke dokter. Bisa jadi Anda benar-benar sedang hamil atau bisa jadi di rahim Anda sedang terjadi gangguan. Kalau Anda tidak sempat ke dokter Anda bisa memeriksa rahim Anda sendiri apakah Anda benar sedang hamil atau tidak dengan melakukan tes urin menggunakan alat test pack.

Cara mengatasi terlambat datang bulan yang lain adalah dengan menjaga pola tidur Anda supaya fungsi hormonal tidak terganggu. Untuk melancarkan fungsi hormonal dan juga peredaran darah Anda juga bisa melakukan olahraga secara rutin. Berolahragalah minimal 3-4 kali setiap minggunya supaya kondisi kebugaran tubuh Anda tetap terjaga. Untuk ramuan tradisionalnya, Anda bisa mengonsumsi air jeruk nipis di pagi hari atau mengonsumsi segelas air rebusan daun sirih tiga kali sehari.

Itu tadi adalah pembahasan singkat mengenai apa saja penyebab terlambat datang bulan dan juga bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat, terima kasih.

 

SUMBER : CARA MENGATASI TERLAMBAT DATANG BULAN